Top 15+ Tempat Wisata di Baubau Terbaru, Terindah & Paling Hits

 

Top 15+ Tempat Wisata di Baubau Terbaru, Terindah & Paling Hits

Ingin liburan ke Baubau? Inilah list objek wisata populer di Baubau, Sulawesi Tenggara. Tempat wisata alam terbaru, terindah dan paling hits dikunjungi wisatawan saat musim liburan.

Sulawesi Tenggara juga menjadi destinasi yang menarik untuk dijelajahi. Anda bisa memilih kota Baubau sebagai tujuan selanjutnya petualangan Anda. Kota satu ini terkenal dengan Negeri Seribu Benteng, yang juga menawarkan pesona luar biasa yang wajib dijelajahi. Destinasi wisatanya cukup lengkap, dari wisata sejarah hingga pantai-pantai cantiknya. Berikut tempat wisata hits di Baubau yang bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda selanjutnya.

1. Benteng Keraton Buton

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Herliyansyah Pratama)

Benteng Keraton Buton memang bukan destinasi terbaru di kota ini. Tapi tempat satu ini hingga kini masih menjadi favorit wisatawan. Merupakan wisata sejarah, benteng satu ini memiliki bentuk arsitektur yang begitu unik. Dibuat dari batu kapur dengan bentuk lingkaran, Benteng Keraton Buton terbilang besar sekitar 23.375 ha.

Bahkan tempat hits satu ini pernah mendapatkan penghargaan MURI juga Guinnes Book Record di tahun 2006 silam sebagai benteng terluas di dunia. Terletak di atas bukit, Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Benteng Keraton Buton juga sangat cocok untuk berburu foto foto yang menawan. Saat di Baubau sebaiknya tak melewatkan destinasi satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Labuke, Melai, Kec.  Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

2. Cagar Alam Wakonti

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Facebook.com @usumani.usman.9

Objek wisata selanjutnya yang tak kalah hits dan diburu wisatawan adalah Cagar Alam Wakonti. Tempat satu ini merupakan objek hutan lindung yang masih terjaga keasliannya. Lokasinya mudah untuk dijangkau, dengan jarak sekitar 6 km dari pusat Baubau. Panorama yang dihadirkan akan membuat Anda terpesona sekaligus pelepas penat yang mujarab.

Tak hanya bisa menikmati panorama alam saja, pengunjung juga bisa menemukan berbagai pohon langka. Salah satunya yang menarik perhatian adalah Pohon Loreng yang mirip seragam tentara. Anggrek anggrek liar juga tumbuh subur semakin menambah asri suasananya. Beberapa penghuni seperti kuskus, kupu kupu, kera kakatua hingga beragam jenis burung juga bisa ditemukan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kadolokatapi, Kec. Wolio, Kab. Baubau, Sulawesi Tenggara.

3. Masjid Quba

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Iwan Rahady)

Jika Anda masih ingin mengunjungi destinasi yang hits, Anda bisa menjadikan Masjid Quba sebagai tujuan. Masjid satu ini tak hanya memiliki bangunan yang unik, namun juga sebagai peninggalan sejarah. Masjid Quba juga mendapatkan predikat sebagai masjid paling tua di Baubau. Mengingat masjid ini dibangun di tahun 1826 silam.

Dimana pada saat itu masih dibawah naungan Sultan Buton XXIX. Bangunan yang dimiliki begitu unik, daya tarik utamanya memang berada pada arsitekturnya. Masjid Quba dikelilingi dengan area makam, bahkan bisa dijadikan wisata religi. Mengingat di area makam ini ada Makan Sultan Butin XIX. Anda juga bisa sekalian merasakan beribadah di masjid satu ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Baadia, Betoambari, Sulaa, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

4. Bukit Kalampa

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Twitter.com @RadioPLS_mks

Ingin menikmati panorama indah dari ketinggian? Bukit Kalampa menjadi destinasi yang sangat pas untuk Anda singgahi. Di atas bukit ini, Anda juga akan menemukan bukit kecil yang tak kalah menawan. Udara sekelilingnya yang sejuk akan membuat pengunjung betah berlama lama. Anda juga bisa sekalian berburu foto foto instagramable ketika singgah di Bukit Kalampa ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lipu, Kec. Betoambari, Kab. Baubau, Sulawesi Tenggara.

5. Bukit Wantiro

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Anggri Malaria)

Masih belum puas menjelajah bukit di Baubau? Anda bisa melanjutkan menuju Bukit Wantiro. Pemandangan alam yang disuguhkan merupakan perairan biru yang luar biasa indah. Di bukit ini, Anda juga bisa sekalian kulineran karena dilengkapi warung makan. Hingga kini destinasi wisata di Baubau ini termasuk wisata yang hits di kalangan wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Anoa, Kadolomoko, Kec. Kokalukuna, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

6. Air terjun Samparona

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Xaverius Endro)

Selain bukit dan wisata Sejarah, di Baubau Anda juga bisa menemukan wisata air terjun yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Air terjun samparona termasuk air terjun cantik yang akan membuat Anda terkesan. Tempat satu ini berada di kawasan hutan yang masih terjaga keasriannya hingga kini. Suasananya yang tenang siap untuk menjadi pelepas penat Anda.

Air yang dimiliki Air Terjun Samparona begitu jernih dan segar. Membuat siapapun yang singgah tidak sabar untuk menjajal kesegarannya atau sekedar bermain air. Memiliki ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini juga termasuk wisata hits yang mudah untuk diakses. Pastikan untuk tidak lupa mengabadikan setiap momen saat berkunjung ke air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lipumangau, Kec. Sampolawa, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara.

7. Air Terjun Lagawuna

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Traveltodayindonesia.com

Masih seputar wisata air terjun, Air Terjun Lagawuna juga menjadi wisata andalan yang tak boleh Anda lewatkan. Memang, untuk menjangkaunya Anda membutuhkan perjalanan yang tidak mudah. Sehingga wisata satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berpetualang. Anda memang akan menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Namun nantinya akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 4 km. Namun semua penat Anda akan dihempas begitu menyaksikan panorama yang dimilikinya. Suasana alam yang masih asri dan terjaga membuat siapapun betah berlama lama. Udara yang sejuk dengan suasana tenang memang menjadi obat yang mujarab.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karya Baru, Kec. Sorawolio, Kab. Baubau, Sulawasi Tenggara.

8. Pemandian Alam Bungi

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Facebook.com @la.usumani

Pemandian Alam Bungi menjadi destinasi favorit di kalangan masyarakat sekitar. Memang destinasi satu ini masih hits hingga saat ini. Pemandian Alam ini terlihat seperti sungai, dengan air yang begitu jernih dan segar. pemandangan alam yang disuguhkan juga masih terjaga hingga saat ini. Ketika berkunjung, Anda juga akan bertemu dengan warga sekitar yang sedang mandi.

Warga yang merupakan tetangga desa juga sering singgah di ke tempat ini. Selain bisa melepas penat di sungainya, Anda juga bisa menyambangi Air terjun Tirta Rimba yang bisa dikatakan jaraknya berdekatan. Untuk menuju pemandian Alam Bungi, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 10 km dari pusat kota Baubau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Bungi, Kab. Baubau, Sulawesi Tenggara.

9. Gua Kaisabu

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Facebook.com @arrow.archer.58

Tidak hanya air terjun dan juga perbukitan, singgah di Baubau Anda wajib untuk mengunjungi Gua Kaisabu. Gua Kaisabu sendiri adalah Gua Karst yang keberadaannya memang menarik perhatian. Destinasi wisata Baubau ini memang bukanlah destinasi baru. Tetapi masih sangat hits, bahkan menjadi tujuan yang tak boleh dilewatkan.

Untuk melihat pesonanya, pengunjung harus memanjat tebing dengan medan cukup terjal. Sangat cocok untuk Anda yang memang menyukai tantang dan berpetualang. Semua lelah akan dibabat habis begitu Anda tiba di mulut gua. Ornamen atas gua begitu menawan yang pastinya unik dan membuat siapapun terkesan. Pahatan alam ini akan membuat Anda berdecak kagum.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaisabu, Kec. Sorawolio, Kab. Baubau, Sulawesi Tenggara.

10. Pemandian Kelapa Gading Ngkaring Ngkaring

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Facebook.com @agus.muliady.355

Selain bisa mandi di wisata alamnya, Anda juga bisa singgah di Pemandian Kelapa Gading Ngkaring Ngkaring saat ada di Baubau. Kolam renang yang dikelola oleh warga sekitar ini memiliki nuansa yang begitu khas dari Pulau Dewata. Karena memang kawasannya menjadi transmigrasi penduduk asal Bali. Di pinggir jalan, Anda juga bisa menemukan pura.

Kolam renang ini dikelilingi dengan alam hijau yang masih terjaga keindahannya. Anda bisa menjadikan pemandian ini sebagai tempat untuk relaksasi. Anda bisa berenang dengan bebas sembari bersantai menikmati udara segarnya. Lokasinya cukup mudah dijangkau, jaraknya hanya berkisar 15 KM dari pusat kota Baubau dengan kendaraan bermotor.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngkaring-ngkaring, Kec. Bungi, Kab. Baubau, Sulawesi Tenggara.

11. Pantai Nirwana

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Fajar Syarif)

Menginjakkan kaki di Baubau tidak lengkap rasanya jika tidak menjelajah wisata baharinya. Anda bisa menjadikan Pantai Nirwana sebagai tujuan. Pantai ini merupakan wisata hits di Malang yang tak boleh dilewatkan. Pasir putih lembut dengan air laut yang jernih akan menyambut Anda. Anda bisa berenang, diving atau melakukan aktivitas seru lainnya di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sula, Kec. Betoambari, Kab. Baubau, Sulawesi Tenggara.

12. Pantai Lakeba

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Kasra J. Murana)

Pantai yang tak kalah indah selanjutnya adalah Pantai Lakeba. Pantai ini juga dikaruniai dengan pasir putih dan air jernih. Menjadi wisata yang kondang, fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai. Mengunjungi pantai ini, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari berenang, bersantai hingga menjajal wahana yang menantang adrenalin seperti banana boat.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Katobengke, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

13. Pantai Kamali

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Fidin Idin)

Wisata andalan Baubau yang tak kalah menarik selanjutnya adalah pantai Kamali. Pantai ini lokasinya di tengah kota, sehingga wajar jika menjadi wisata yang begitu hits. Pemandangan pantai yang dihadirkan juga sangat menawan. Pengunjung juga akan menemukan Patung Kepala Naga yang menjadi patung ikonik di Baubau. Wajib berburu foto cantik saat di pantai Kamali.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: CekLokasi
Alamat: Jl. Mayjend. Sutoyo, Wale, Kec. Wolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

14. Pantai Kolagana

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Facebook.com @CNonlin

Jika Anda mencari wisata bahari dengan pemandangan bawah laut jempolan, Pantai Kolagana wajib jadi tujuan. Tempat ini terkenal sebagai lokasi favorit untuk aktivitas diving. Anda bisa menyapa biota laut yang ada dengan mengunjungi tempat satu ini. Laut biru dengan perbukitan sebagai latar belakang menjadikan pantai Kolagana begitu menawan.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Palabusa, Kec. Bungi, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

15. Batu Sori

top 15+ tempat wisata di baubau terbaru, terindah & paling hits

Image Credit: Google Maps (Farhan Hidayat)

Destinasi yang hits di kalangan masyarakat adalah Batu Sori. Batu Sori sangat mudah dijangkau, butuh 30 menit saja dari pusat kota. Anda bisa menemukan panorama bahari biru yang indah. Anda juga bisa berburu spot instagramable, salah satunya jembatan yang menjorok ke laut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolagana, Palabusa, Kec. Bungi, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Baubau yang bisa Anda jadikan tujuan berlibur. Memiliki panorama yang indah dan alam yang masih terjaga, destinasi di Baubau memang didominasi oleh berbagai wisata alam. Mengunjungi salah satu diantaranya dijamin akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Top 15+ Tempat Wisata di Baubau Terbaru, Terindah & Paling Hits

  Top 15+ Tempat Wisata di Baubau Terbaru, Terindah & Paling Hits 1. Benteng Keraton Buton 2. Cagar Alam Wakonti 3. Masjid Quba 4. Bukit...

TOP LIST